VLC : filesystem access error: cannot open file (No such file or directory)

Beberapa waktu lalu ketika ingin memainkan playlist yang saya buat dengan Winamp di VLC, saya mendapatkan error message seperti ini :
filesystem access error: cannot open file /media/Data/playlist/\Music\Lagu\All 4 One\All 4 One - I Swear.mp3 (No such file or directory)
Saya mencoba untuk menganalisa error message tersebut namun solusinya ternyata agak sulit bagi saya, dikarenakan ada pesan "filesystem access error" yang pada awalnya saya perkirakan berkaitan dengan hak akses pada linux. Namun setelah saya rubah hak akses folder musik tersebut pesan kesalahan yang keluar pada saat saya kembali mencoba memainkan playlist yang sama dengan VLC tidak berubah! Setelah kesana-kemari mencari solusi untuk permasalahan ini akhirnya saya mencoba melihat sendiri file .m3u yang ingin dimainkan di VLC, dan ternyata apa yang dianjurkan website ini memang benar. VLC membutuhkan "absolute path" di dalam playlist untuk bisa menemukan dan memainkan file-file yang terdaftar dalam playlist tersebut. Bingung? Mudah saja.....didalam playlist yang saya simpan dengan Winamp hanya terdapat alamat file (relative path) seperti dibawah ini :
\Music\Lagu\All 4 One\All 4 One - I Swear.mp3
Sedangkan untuk memainkan playlist tersebut VLC membutuhkan absolute path dari lagu tersebut, sehingga muncullah error message seperti diatas. Untuk mengatasinya yang perlu dilakukan hanyalah menambahkan path diatas sehingga menjadi lengkap seperti dibawah ini (asumsi file musik ada di partisi terpisah dengan sistem):
D:\Music\Lagu\All 4 One\All 4 One - I Swear.mp3
Sedangkan untuk Linux absolute path tersebut akan terlihat seperti ini:
///media/Data/Music/Lagu/All 4 One/All 4 One - I Swear.mp3


Sedikit catatan:
  1. File musik saya tempatkan pada partisi yang berbeda dengan file system.
  2. Untuk mengedit playlist Winamp, gunakan Gedit di Linux atau Notepad pada Windows.


Cheers!

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel VLC : filesystem access error: cannot open file (No such file or directory) ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 03 Mei 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan VLC : filesystem access error: cannot open file (No such file or directory)
 

0 komentar:

Posting Komentar

thank's for stopping by, reading my articles and commenting here....