grub rescue (error: no such partition)

ini pengalaman saya ketika menghapus partisi di hard disk.


nah, yang saya lakukan adalah menghapus partisi linux 12.10 dari windows 7 menggunakan easeus. ketika reboot, yang muncul bukannya menu grub tapi malah prompt grub rescue seperti dibawah ini :
error: no such partition.
grub rescue>
setelah mencari kesana-kemari saya menemukan hal yang sama pernah dialami oleh seorang user d askubuntu. setelah membaca, maka timbul ide : bagaimana jika saya ketik perintah "ls" di command prompt grub rescue?
grub rescue>ls
ternyata perintah tersebut memberikan feedback berupa partisi apa saja yang masih ada di hard disk saya.
(hd0) (hd0,msdos1) (hd0,msdos6) (hd0,msdos8)
kemudian setelah mengetahui partisi apa saja yang masih aktif di hard disk, saya ketikkan perintah dibawah ini :
grub rescue> set root=(hd0,msdos8)
grub rescue> set prefix=(hd0,msdos8)/boot/grub
grub rescue> insmod normal
grub rescue> normal
setelah tampilan grub normal kembali, saya login dengan ubuntu (elementary OS) kemudian mengetikkan perintah
sudo update-grub
sudo grub-install /dev/sda
perintah selanjutnya saya ketikkan untuk mengecek apakah grub sudah bisa berjalan dengan normal atau belum :
sudo reboot
Rebooted!


Cheers!!

if there's anything else you need, maybe these links below can help :
superuser
askubuntu
techgage.com

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel grub rescue (error: no such partition) ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 20 Agustus 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan grub rescue (error: no such partition)
 

0 komentar:

Posting Komentar

thank's for stopping by, reading my articles and commenting here....